Ucapan "Allah tidak Adil!"

Kamis, September 12, 2013

image : http://candornews.files.wordpress.com/2012/07/anxiety_depression_may_raise_stroke_risk.jpg

Pernah dengar dong 3 serangkai kata tersebut? atau malah pernah mengucapkannya? 

Allah adalah Maha dalam segala hal, termasuk Keadilan. Yang Maha Adil adalah salah satu nama Allah di asmaul husna. Kok berani banget melawan apa yang diakui Allah. Elo siapa? Elo cuma hamba, budak, pengabdi Allah, karena yang ciptain elo itu ya Allah. Bukan yang lain atau mendadak ada secara kebetulan. Stres sih boleh, depresi juga silahkan, manusiawi kok. Tapi gak dengan menghina Allah bisa kan?


Al-Qur'an mempertegas bahwa Allah tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan hambanya. Itu mutlak. Jadi apapun yang terjadi, cobaan macam apapun, itu pasti bisa lo lalui. Setiap manusia diberi sepaket perasaan dan pemikiran, pake dong! Lo cukup meng-explore kemampuan diri lo untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan yang datang dalam hidup lo. Yakinlah, setiap cobaan yang datang bukan cuma menuntut lo untuk segera mencari solusinya, tapi ada pelajaran dibalik setiap kejadiannya.

Menurut gue pribadi, ketika ada orang yang merasa menerima cobaan yang diluar kemampuannya, itu berarti ada dua kemungkinan.

Yang Pertama:
Lo kurang memahami permasalahan tersebut sehingga lo gak bisa menelusuri lebih detail lagi permasalahannya bagaimana dan solusinya bagaimana. Itu hanya karena lo terlalu kebawa emosi. Gunakan otak dalam mengkalkulasi permasalahan. Jangan gampang menyerah, jangan terlalu cepat putus asa. Lo pasti punya sesuatu dalam diri lo untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, makanya lo yang kepilih untuk kena masalah itu. Yang pertama ini dikarenakan mungkin lo kurang jeli melihat hikmah di balik setiap kejadian yang lo alami. Contohnya:

  • Keluarga lo kena penyakit yang gak bisa disembuhin lagi, mungkin hikmahnya, anggota keluarga lo itu disayang Allah, makanya Allah memanggil beliau lebih cepat sebelum dosanya lebih banyak dari amalnya. Doakan saja Allah memang sayang beliau dan mengampuni dosa-dosa beliau.
  • lo lahir dengan kondisi fisik yang tidak lengkap. Lo terlahir istimewa coy, dengan adanya yang kurang di aspek fisik, mungkin lo punya kelebihan di aspek lain. Segera baca diri sendiri, agar lo bisa memaksimalkan kelebihan lo itu.
  • lo belum ada panggilan kerja padahal udah submit berkas-berkas lo ke banyak perusahaan, santai aja, itu berarti perusahaan itu gak cocok buat lo, bukan perusahaan-perusahaan itu yang lo butuh untuk pengembangan diri lo.


Yang Kedua:
Janji Allah itu, Allah tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan hambanya. Tapi kalo lo sendiri yang bikin cobaan/masalah dalam hidup lo, jangan sangkutpautkan dengan janji Allah dong. Itu ulah lo sendiri. Yang kedua ini menyalahkan Allah dalam hukum alam sebab-akibat. Contohnya:

  • lo stres karena lo hamil diluar nikah, itu bukan cobaan, tapi akibat kelakuan lo sendiri.
  • badan lo abis kebakar ledakan petasan, itu bukan cobaan, tapi akibat lo bego banget main-main petasan.
  • lo kena DO dari kampus lo, itu bukan cobaan, tapi akibat kemalasan lo terhadap kuliah.
Intinya sih jangan mudah menyerah menelusuri permasalahan atau cobaan yang lo alami. Putus asa dan menyerah itu bukan solusi untuk masalah apapun. Percuma. Gunakanlah otak dan hati lo untuk memahami alur hidup. Jangan salahkan Allah. Dosa lo 2x tuh, udahlah putus asa, nyalahin Allah pula. Allah tau pasti apa yang lo butuhin, lebih dari yang lo tau. Biarkan Allah yang mengatur hidup lo. 

Bersabar dan berikhtiarlah, maka hikmah itu akan datang. Jika ceroboh dan tidak sabar, maka hikmah itu akan hilang. (Muhammad Said, 2009)

----Sebagaimanapun manusia merencanakan, tetap Allah lah yang menentukan----
----Allah Maha Adil----

You Might Also Like

0 comments